31 Dec 2012

Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog


Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog - Berkaitan dengan komentar pada postingan, banyak sekali blogger-blogger yang belum tau bagaimana cara berkomentar yang baik dan hal-hal apa saja yang harus di hindari dalam berkomentar. Hal ini tidak dapat dibiarkan karena memang ini bukan suatu perbuatan yang baik dan harus di jauhi. Selain karena membuat blog yang di kunjungi menjadi tidak indah karena komentar-komentar yang tidak berbobot tapi ini juga berdampak terhadap si komentator sendiri, karena bisa jadi blognya akan di anggap spam. Nah, berkaitan dengan hal itu saya ingin share beberapa tips/cara untuk berkomentar yang baik. Tanpa banyak basa-basi lagi silahkan simak baik-baik.
Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog
CARA BERKOMENTAR YANG BAIK DAN BENAR DI
1.    Jangan berkomentar yang menyinggung SARA dan mengandung P*rn*graphy. Hal ini tentu sangat dilarang dan dibenci oleh semua pihak, tidak ada yang membenarkan sedikitpun tentang penyinggungan SARA dan P*rn*graphy.

2.    Jangan terlalu banyak meninggalkan komentar dengan nama / anchor text (link). Jika kita terlalu banyak mempromosikan nama / link didalam sebuah komentar, bisa jadi link tersebut menjadi spam dan nama tersebut menjadi tidak disukai. Jika sobat ingin mempromosikan link sebaiknya menggunakan layanan Social Bookmark saja.

3.    Jangan beri nama komentar yang terlalu panjang dan bersifat spammy. Nama komentar yang mengandung link memang sangat bermanfaat untuk membuat linking, akan tetapi jika terlalu panjang malah bersifat spam. Biasanya yang panjang-panjang gini di gunakan buat deep link / halaman yang bukan halaman utama. Asal sobat tau, kalo deep link itu tidak akan berefek besar loh!

4.    Jangan menggunakan Caps Lock atau Capitalization saat berkomentar. Membuat komentar dengan huruf besar semua akan membuat pembaca menjadi tidak mood. Asal tau aja ya, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa penulisan dengan menggunakan CAPITALIZATION tidak pada tempatnya akan membuat hati dan perasaan si pembaca menjadi tidak enak!

5.    Jangan menggunakan penekanan dengan huruf tebal dan huruf miring. Biasanya penekanan dengan Bold dan Italic digunakan untuk mengoptimalisasi anchor text. Nah hal ini akan memperjelas bahwa komentar sangat tidak sesuai dengan postingan.

6.    Jangan menggunakkan fitur komentar untuk berpromosi. Kalo ini sudah pasti tidak sesuai dengan postingan, malah bertujuan buat mempromosikan produknya. Hal seperti ini yang harus dihindari karena sudah mendapatkan warning dari Search Engine terutama Google.

7.    Jangan membuat isi komentar yang di ulang-ulang. Salah satu ciri-ciri spammer adalah membuat komentar yang sama berulang-ulang. Pastinyalah orang males harus bikin komentar-komentar berbeda terus buat nyepam. Ini hal yang pasti akan di anggap spam.

8.    Jangan membuat isi komentar yang tidak berkaitan dengan postingan. Komentar yang baik tentunya harus selaras / relevan dengan postingan yang di komentari. Komentar yang baik dapat membuat hubungan yang baik dengan pembuat postingan, yang tentunya akan berefek lebih baik daripada meninggalkan spam.

Nah, itulah beberapa Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat yah.

4 komentar:

  1. Terimakasih banyak atas informaisnya

    ReplyDelete
  2. berarti kalau kita memberi link pd komentar harus link posting kita, bukan link blog kita ya. maaf baru belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut pengalamn ane sih, boleh dua-duanya.

      Delete