14 Dec 2012

Cara Mudah dan Cepat Posting Terindex Search Engine


Cara Mudah dan Cepat Posting Terindex Search Engine – Terkadang ada beberapa posting blog kita yang terlambat teridex search engine. Bagi kita yang baru saja memiliki blog baru maupun blog lama namun telah lama tidak melakukan publish konten pasti akan menemui sedikit hambatan dalam memperoleh indexing. Blog yang seperti ini biasanya sedikit terlambat dikunjungi spider bot sehingga memungkinkan blog menjadi lama terindex.
Untuk menghadapi hal semacam ini, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.
Berikut cara agar konten blog bisa cepat terindex oleh search engine google, yahoo, bing dan lainnya :
Daftar Webmaster Tool
Jika sahabat blogger baru saja membuat sebuah blog baru, hal pertama yang harus kita lakukan untuk mempercepat index blog adalah mendaftarkan blog di Webmaster Tool google, yahoo dan bing. Setelah proses mendaftar dan verifikasi berhasil jangan lupa mensubmit sitemap blog agar mempermudah spider bot dalam melakukan penelusuran.
Catatan : bagi sahabat yang blognya belum sempat melakukan submit sitemap di yahoo, google dan bing cobalah meluangkan waktu sebentar untuk melakukannya karena banyak manfaat yang dapat kita peroleh ketika mendaftarkan blog di Webmaster Tool.

Bila ingin lebih cepat terindex, biasanya setelah mempubliskan konten baru kita bisa memberitahukannya langsung kepada spider search engine melalui layanan add url yang disediakan oleh masing – masing search engine. 

Submit feed blog
Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah melakukan submit feed blog ke berbagai situs penerima feed submitter. Dengan cara ini konten terbaru kita akan memperoleh link dari situs tersebut dan diharapan ketika spider bot menyinggahi situs ini spider bot akan menelusuri blog kita melalui link yang telah tersubmit tersebut.

Submit ke directory
Kita lakukan pula submit blog di berbagai jenis directory bila perlu seperti blog directory maupun article directory. Kita perlu melakukan submit ke directory karena situs - situs seperti ini memiliki banyak konten yang terpublish setiap harinya, sehingga dapat dipastikan tidak pernah sepi dari kunjungan spider bot. Jadi akan sangat menguntungkan bagi blog kita bila bisa kebagian crawling dan indexing.

Internal link
Internal link yang kita buat juga dapat mempercepat konten baru terindex. Jangan lupa untuk menyisipkan link konten terbaru kita pada konten blog kita yang telah terindex lebih dulu. Kita pilih konten yang berhubungan dengan konten terbaru kita dan sekiranya konten baru ini memberikan tambahan informasi sehingga nantinya apabila spider bot berhasil menemukan link ini tidak akan ragu untuk mengindexnya.
Pada blog baru sangat disarankan untuk membuat beberapa konten yang saling berkaitan satu sama lain dan memberikan internal link pada setiap konten tersebut. Apabila salah satu ditelusuri spider bot search engine maka kemungkinan besar konten yang lainnya juga akan ditelusuri untuk di index.

Mendapatkan backlink
Poin terakhir yang kita ulas pada posting ini adalah mendapatkan backlink yang sebanyak – banyaknya untuk konten terbaru kita. Banyak cara yang bisa kita tempuh seperti bookmark di situs social bookmarking, berkomentar pada blog yang memasang commentluv maupun membangun backlink berkualitas pada blog kita yang lain bila kita memiliki lebih dari satu blog.

1 komentar: