23 Feb 2013

Cara – Cara yang Dilakukan Penipu Saat Kita Berlibur


Cara – Cara yang Dilakukan Penipu Saat Kita Berlibur – Ketika kita liburan ke tempat asing yang terkenal, maka saya yakin disana terdapat banyak penipu dengan berbagai modus untuk menyesatkan para wisatawan yang datang, nah berikut modus dan cara-cara penipu tersebut.

Cara – Cara yang Dilakukan Penipu Saat Kita Berlibur
Cara – cara yang dilakukan penipu saat kita berlibur
1. Perhiasan palsu
Beberapa kendaraan lokal seperti taksi, tuktuk, becak dan lainnya memiliki pengemudi dengan otak yang nakal. Mereka akan membawa Anda ke toko-toko tempat penjualan perhiasan atau barang lokal yang terkenal.

Biasanya, sudah ada perjanjian antara sang supir dengan pemilik toko. Sayangnya, toko-toko ini jarang yang menjual benda-benda asli. Kebanyakan dari toko ini menjual barang palsu seperti karpet kuno palsu, berlian palsu, keramik palsu dan lain-lain.

Jadi agan, jangan mudah tertipu. Tolak saja jika diajak ke toko yang bukan tujuanagan. Jika tetap memaksa, tolak dengan tegas.

2. Pemusik jalanan
Di Eropa atau Amerika, pemusik jalanan sering sekali ditemui di tempat umum. Beberapa dari mereka memiliki potensi yang sungguh besar, sementara beberapa lainnya menunggu mangsa untuk ditipu.

Musisi ini akan menghampiri turis yang lewat dan meminta mereka untuk mengecek CD rekaman. Biasanya, musisi ini berada di sekeliling teman-temannya. Setelah Anda memegang CD, sang musisi akan memaksa untuk membayar.

Jika Anda mengembalikan, mereka akan terus memaksa Anda untuk mengambil CD tersebut. Tenang, ada cara untuk menyiasatinya. Cukup taruh CD di dekat mereka dan berjalan menjauhlah dengan tenang.

3. "Dari mana Anda berasal?"
Saat belanja di pasar tradisional, biasanya penjual bisa berbahasa Inggris meski terbata-bata. Mereka akan bertanya dari negara mana Anda berasal. Hati-hati dengan keramahan mereka. Karena, jika salah menjawab bisa-bisa harga barang dimahalkan.

Kasus ini paling sering melanda turis-turis asing asal Eropa atau Amerika. Para penjual ini mengira, orang Barat memiliki banyak uang. Jadi, jika Anda memiliki wajah yang kebarat-baratan, cukup jawab kota dari mana Anda berasal.

Cara – Cara yang Dilakukan Penipu Saat Kita Berlibur
4. Gelang paksaan
Mendapatkan orang yang memberi penjelasan lengkap mengenai destinasi yang sedang Anda tanyakan jadi suatu berkah tersendiri. Namun hati-hati, tidak semua orang setulus itu.

Kala sedang menunjukkan arah, kerap Anda serius mendengarkan pembicaraan. Jadi, saat mereka memasang gelang di tangan, Anda pun takkan sadar. Inilah awal dari pemerasan.

Jika informasi sudah lengkap diberikan dan gelang sudah terpasang, Anda akan dimintai uang untuk gelang tersebut. Yang sering membuat sewot adalah harga yang sangat mahal. Parahnya, jika tak mau bayar, Anda akan diteriaki maling atau copet.

Itulah modus-modus dan cara – cara yang dilakukan penipu saat kita berlibur. Selalu tingkatkan kewaspadaan saat kita berada dimanapun.

0 komentar

Post a Comment