22 Mar 2013

Cara Menyelesaikan Masalah dengan Mudah


Cara Menyelesaikan Masalah dengan Mudah - Pertengkaran karena adanya permasalahan dan berbeda pendapat dengan pasangan Anda merupakan hal yang waja dalam hubungan. Namun kita harus bisa mengontrol dan mengatasi situasi tersebut agar tidak semakin meledak-ledak yang akan memberikan dampak negatif yang seharusnya tidak terjadi.

Kompromi adalah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah dalam hubungan. Jika keadaan mampu diubah menjadi lebih baik, maka hubungan dapat berjalan lebih baik. Anda dan pasangan adalah manusia Dewasa yang dapat berpikir dengan logis dan matang, tentu kompromi itu bisa dilakukan.

Nah, dilansir dari eHow, berikut ini beberapa tips, agar bisa berkompromi di situasi yang masih memanas: Cara Menyelesaikan Masalah dengan Mudah

Atur emosi
Langkah pertama untuk melakukan sebuah kompromi adalah mengatur emosi dan fokuslah pada penyelesaian masalah, bukan pada masalahnya. Jadi, tenangkanlah diri kamu, dan lihat permasalahan tersebut secara logis.

Bukan menang atau kalah
pertengkaran yang memanas tiada henti disebabkan karena masing-masing pihak menginginkan kemenangan. Padahal dalam hubungan, Anda bisa menang bersama-sama, yaitu dengan kompromi.

Di dalam sebuah kompromi, tidak ada menang dan kalah. Singkirkan ego Anda masing-masing, ingatlah, ini untuk kepentingan Anda berdua, hubungan yang harmonis. Dengan kompromi, Anda dan pasangan bekerjasama mencari solusi terbaik dari permasalahan tersebut yang menguntungkan kedua belah pihak (win-win solution). Jadi, setelah keputusan dibuat, lepaskan semua emosi yang menyebabkan hubungan tidak bahagia.

Pertahankan kebenaran Anda
Tegaslah pada apa yang menurut kamu benar. Jika kamu berpikir ada satu hal yang harus dipertahankan, maka kuatkan pembenaran itu dengan bukti-bukti atau pernyataan berdasarkan logika. Bisa saja pasangan jadi bersedia menuruti keinginan Anda.

Jangan egois
Egosi adalah salah satu sifat manusia yang sulit untuk diajak kerjasama. Jika kamu menguatkan ego Anda, kerasa kepala, dan hanya memikirkan diri sendiri, kompromi yang dilakukan tidak akan berjalan dengan lancar, permasalahan pun tidak akan memperoleh solusi yang baik. Coba deh kamu posisikan diri sebagai pasangan, dan lihat permasalahan tersebut dari sudut pandangnya. Dengan begitu masing-masing dari Anda akan mencoba untuk mengerti satu sama lain.

Menuliskan pro dan kontra
Anda akan menemukan solusi yang berlawanan denganpasangan pada saat proses kompromi, dan itu adalah hal yang wajar. Karena setiap individu memiliki pemikirannya masing-masing.

Jadi cara yang terbaik adalah, tuliskan apa yang Anda dan pasangan inginkan. Dengan begitu, konflik pun akan terhindarkan, dan daftar tersebut bisa digunakan sebagai perbandingan antara satu sama lain. Sehingga kamu dapat mengukur kesamaan dan mungkin dapat lebih mudah menemukan jalan tengah.

Bagaimana?, mudah bukan cara menyelesaikan masalah dengan mudah. Sekian tips dari kami, semoga bisa bermanfaat yah. Cara Menyelesaikan Masalah dengan Mudah

1 komentar: