30 May 2013

Cara Menghadapi Wawancara Kerja Pertama Kali

Cara Menghadapi Wawancara Kerja Pertama Kali - Tiap tahun, ada sekitar 2 juta pelajar dan mahasiswa yang lulus. Namun pengusaha hanya berencana untuk merekrut lebih kurang 10% dari lulusan baru tersebut.
Tapi apa yang harus Anda lakukan jika Anda akan melakukan wawancara untuk pertama kalinya?
Menurut The Center of Profesional Excellence at York College of Pennsylvania, ada 3 kesalahan pemula dalam mencari pekerjaan yaitu :

wawancara kerja

Cara Menghadapi Wawancara Kerja:
Tidak berpakaian dengan baik untuk wawancara (39,9%)

Terlambat untuk wawancara (29,1%)

Tidak mempersiapkan diri untuk wawancara, termasuk tidak mengetahui info tentang perusahaan. (25,9%).

Jangan lupa hal mendasar seperti apa yang Anda tulis pada profil Anda dan apa yang Anda telah posting di Facebook maupun sosial media lainnya, yang mungkin akan dilihat terlebih dahulu oleh pewawancara.

Ketika Anda melangkah ke wawancara, bersikap tegas, tapi rendah hati. Jangan sombong. Berikan kontak mata langsung setiap kali Anda atau orang lain berbicara.

Jangan menanggapi sms/chat selama wawancara. (Anda akan terkejut berapa banyak yang melakukan hal tersebut). Buatlah Anda sepenuhnya hadir dan menaruh perhatian terhadap apa yang dikatakan oleh pewawancara. Pada akhirnya, hal ini akan membuat kesan yang lebih daripada IPK atau nilai Anda

Nah, sekianlah mengenai Cara Menghadapi Wawancara Kerja Pertama Kali, semoga bisa bermanfaat yah sobat pembaca sekalian.

0 komentar

Post a Comment