10 Jun 2013

Tips Cara Hemat Ala Mahasiswa Kost

Tips Cara Hemat Ala Mahasiswa Kost - Meraih cita-cita dengan merantau ke kota orang nan jauh dari kampung halaman tercinta. Sedikit berbagi pengalaman sebagai mahasiswa yang merantau dikota orang, dengan segala peliknya kebutuhan hidup sebagai anak kost. Untuk mahasiswa yang tidak kekurangan uang bulanan mungkin no problem dengan permasalahan uang sebagai anak kost, tapi buat saya ? this is problem! Alhamdulilah, saya lahir dari keluarga sederhana yang tentram bahagia damai sejahtera merdeka sakinah mawadah warohmah, Mamah dan Bapak bekerja keras untuk kuliah saya. Jadi, otomatis sebagai anak semata wayang nya mereka yang berbakti, saya enggan untuk meminta jatah bulanan lebih sebagai penunjang kegiatan saya di kampus, hehehe biasa mulai belajar jadi aktivis kampus. Sebagai jalan keluarnya, saya harus memutar otak agar jatah uang cukup sebagai anak kost. Ini hemat mahasiswa kost ala saya!

Tips Cara Hemat Ala Mahasiswa Kost

1.Pilih Kostan Yang Murah

Ini sangat menentukan nasib uang-uang dalam dompet kita, kalo salah-salah pilih tempat kost maka agar bernasib tidak baik untuk hemat kita selama kuliah. Oiya, pilih juga teman-teman kost yang baik dan dermawan. Karena apa? Mereka akan berbaik hati untuk selalu berbagi makanan hehee. Ibu kost juga diperhatikan, harus jeli dalam memilih ibu kost yang minimal setiap beberapa hari berbagi makanan. Itu lumayan mengirit jatah makan kita loh.

Tapi kalo kamu laki-laki lebih baik tiggal di mesjid kampus atau sekre UKM dan ORMAWA kampus, selain lebih efisien kamu juga akan terjamin nilai gizi perutmu. Itu menurut pengamatan saya di kampus hehehehe,apalagi di mesjid Insya Allah kamu akan lebih dekat dengan-Nya. Sekalian perbaiki diri juga kan mas bro!.

2.Masak Nasi Sendiri

Dan ini salah satu faktor yang berpengaruh besar dalam misi hemat kita, coba bayangkan *ngebayangin*.

1 hari = 3 x makan

Kalo beli : 1 x makan = 2000 (harga nasi) x 3 = 6000/hari

6000 x 30 = 120.000/bulan

Tuh kan lumayan, kalo masak sendiri paling modal beras aja. Apalagi kalo yang dirumahnya punya sawah so, kita bekal beras untuk sebulan aja hemat. Dan keuntungannya masak nasi sendiri juga supaya sekalian bisa belajar jadi ibu rumah tangga.

mahasiswa kost

3.Only Me!

Maksudnya, belajar mandiri. Kita uda mahasiswa bukan siswa lagi loh, masa nyuci masih ke loundry? Itu salah salah satunya ya. Pastiah sesibuk-sibuknya mahasiswa pasti ada waktu buat nyuci mah, iya kan. Atau ketika kita akan mengeprint tugas, kita bisa print di teman yang memiliki printer, jadi kita bisa menghemat pengeluaran dengan mengprint tugas-tugas dengan harga lebih murah atau mungkin geratis hehe.

4.Sedia Mie Instan

Ya jaga-jaga aja, kalo kita uangnya emang bener-bener gaada udah berusaha hemat tetep gabisa ya untuk tanggal-tanggal tua makannya mie instan aja.

5. Aktif di Kampus

Kenapa ? biasa kalo kita aktiv di beberapa UKM atau organisasi pintu rezeki akan terbuka lebar dan hemat pun bisa berjalan. Seperti ketika di UKM A kumpul pasti pada bawa makanan, dan senior selalu menyempatkan mentraktir nah disana kita bisa berbaikan gizi. Hari selanjutnya misalkan ada UKM B kumpul untuk menghadiri seminar nah kita ikut aja, pasti disana akan ada makanan gertais, lumayan kan. Intinya, kita aktif pasti akan ada saja rezekinya Allah itu membuka pintu rezeki asal kita berusaha dan berdoa tentunya. Tapi tetap tujuan kita adalah bermanfaat untuk orang lain, sisanya adalah bonus hehe.

6. Berwirausaha

Nah ini yang menjadi fovorit banyak mahasiswa, berjualan dikelas seperti keripik atau produk handmate. Selain kita bisa dapat penghasilan tambahan bisa juga belajar berwirausaha loh.

7. Aktif di Masyarakat sekitar Kostan

Nah, disini selain kita melatih sosialisasi kita juga sebagai ajang memperlancar berhemat kita. Misalnya ketika ada tetangga di sekitaran kostan yang lagi syukuran kita datang, atau ketika ada pengajian di mesjid ikutan, dan ada yang tahlilan kita datang. Nah selain perut terisi karena pasti ada makanan disana, kita juga belajar bermanfaat untuk orang lain. Tapi tetep luruskan niat kita untuk ikhlas bermanfaat heheehe.

8. Menyimpan uang Di Bank

Ini saran dari senior saya juga nih, kita nabung di Bank tetapi tidak di simpan di ATM juga. Jadi ketika kita akan mengambil uang itu harus ke Bank langsung. Dan fikiran mahasiswa yang sibuk pasti tidak akan sering ke bank hanya sekedar ngambil uang goceng kan.

9. Banyak Beristigfar

Ini penting, karena hasrat kita boros pasti akan selalu ada dalam godaan syaiton. Untuk menghindari dan menjaga hasrat boros itu kita abnyak-banyaklah beristigfar. Insya Allah.

10. Rajin Puasa Sunnah

Sudah jelas, dengan puasa selain kita mendapat pahaa dan terhindar dari nafsu yang berlebih kita juga bisa berhemat. Karena selama puasa kita bisa menekan uang pengeluaran untuk makan. Tapi tetep dijaga aga kita tidak membeli makanan yang berlebih untuk buka nanti.

11.Pesan Pengingat

Maksudnya usahakan adakan pesan pengingat agar kita berhemat. Seperti catatan kecil “Ingat Isnaeni, hemat, hemat” yang ditempel disetiap sudut kostan seperti cermin, pintu, lemari. Atau pada bagraund laptop, walpapper HP, Cacatatan di binder kuliahmu, yang pasti dimanapun agar kamu diingatkan untuk berhemat. Cara ini lumayan efektif loh saya terapkan.

Itu mungkin sedikit tips berhemat saya, bisa diterapkan teman-teman yang mempunyai problematika dalam dunia mahasiswa kost. Semoga bermanfaat yah Tips Cara Hemat Ala Mahasiswa Kost ini. Silahkan diterapkan.

2 komentar:

  1. mudah2an berhasil !!!! horreeeee.....

    ReplyDelete
  2. Saya sudah pernah ngalami jadi mahasiswi anak kost, dimana2 anak kost pasti punya simpanan mi instan :)

    ReplyDelete