12 Sept 2013

Cara Membuat Rempeyek Kacang Gurih

Cara Membuat Rempeyek Kacang Gurih – Rempeyek kacang yang gurih terbuat dari kacang tanah dan campuran bahan-bahan yang membuatnya semakin gurih dan renyah. Rempeyek yang paling baik adalah rempeyek yang dibuat dengan resep membuat makanan yang baik dan benar, karena kalau salah, maka rempeyek yang kita buat justru akan menjadi tidak gurih dan terlalu keras untuk dimakan, nah berikut ini resep cara membuat rempeyek kacang gurih

rempeyek kacang

Bahan Rempeyek Kacang yang dibutuhkan:
- 125 g tepung beras
- 25 g tepung sagu
- 1 bh kuning telur
- 225 ml santan cair
- 5 lbr daun jeruk purut, iris halus
- 1 sdt air kapur sirih
- 250 g kacang tanah, potong kasar
- minyak goreng

Bumbu Halus yang dibutuhkan untuk rempeyek gurih:
- 3 butir kemiri
- 1 sdt ketumbar
- 1 cm kencur
- 1 sdt garam


Cara Membuat Peyek Kacang Gurih dan Renyah rasanya:

    1. Pertama-tama campur tepung beras, tepung kanji, kuning telur, santan cair, daun jeruk, air kapur sirih dan juga bumbu halus kemudian aduk sampai rata.
    2. Panaskanlah minyak goreng yang cukup banyak, kemudian taruh cetakan rempeyek di tengah-tengahnyanya.
    3. Kemudian angkat cetakan tadi, lalu tuang sedikit adonan rempeyek di atas cetakkan, dan taburi kacang tanah. Ratakan hingga rempeyek berbentuk bundar.
    4. Celupkan perlahan rempeyek tersebut ke dalam minyak sambil sesekali diangkat. Goreng rempeyek  sampai setengah matang. Angkat dan tiriskan.
    5. Panaskan kembali sisa minyak tadi, lalu goreng rempeyek yang setengah matang tadi sampai berwarna kecokelatan. Angkat lalu tiriskan.
    6. Simpanlah rempeyek kacang buatan anda di dalam wadah kedap udara, sehingga rasanya tetap gurih

     500 gram = 45 menit

Catatan tambahan:
1. Rempeyek harus dibuat setengah matang terlebih dahulu, diangkat, lalu digoreng kembali sampai berwarna kuning kecokelatan supaya renyah.

2. Paduan tepung sagu dan tepung beras akan membuat rempeyek renyah dalam waktu lama.

Nah, inilah Cara Membuat Rempeyek Kacang Gurih, yang bisa kami bagikan pada artikel resep makanan, silahkan dicoba yah membuat rempeyek goreng ini. Jika kamu butuh sambal, berikut cara membuat sambal.

0 komentar

Post a Comment