15 Jun 2014

Cara untuk Fokus Belajar

Cara untuk Fokus Belajar | Belajar seharusnya menjadi salah satu prioritas dari para remaja kita sekarang karena belajar adalah salah satu kunci untuk meraih kesuksesan dan akan membuat kita menjadi lebih banyak tahu, namun terkadang ketika kita ingin fokus belajar akan ada saja rintangan yang seakan menghalangi kita untuk belajar, seperti misalnya rasa malas yang datang tiba-tiba, kemudian rasa ngantuk yang terkadang datang menghadang manakala kita membuka sebuah buku. Nah, hal-hal seperti inilah yang akan saya saya berikan cara untuk bisa tetap fokus dalam belajar, berikut caranya

Cara Fokus Belajar

1. Belajarlah secara kelompok
Belajar secara berkelompok adalah solusi yang sangat baik, di tingkat universitas pun untuk dapat memahami materi secara baik banyak mahasiswa yang membuat kelompok belajar dimana ada salah satu diantara mereka yang menjadi panutan atau menjadi pengajar dalam kelompok tersebut. Nah, anda pun bisa menerapkannya cari 4-5 orang yang mau bekerja sama dan belajar bersama dalam sebuah kelompok.

2. Buat hadiah untuk diri anda sendiri
Berikah hadiah untuk diri sendiri setelah pencapaian tertentu; misalnya untuk setiap jam yang kamu lalui dengan serius belajar, atau untuk materi yang kamu pahami. Hadiah ini akan membuat kita mengusir jauh-jauh rasa malas. Hadiahnya bisa anda tentukan sendiri loh, hehe

3. Jangan lupa untuk minum
Minum air putih dapat membuat anda dapat berpikir lebih baik karena air putih dapat membantu menggantikan cairan dalam tubuh anda. Nah, jika anda engantuk pada saat belajar maka anda dapat meminum secangkir kopi agar mata anda dapat melek .

4. Buatlah rencana belajar
Jadwalkan waktu belajar anda secara rutin dan terencana, buatlah jadwal terencana tentang materi apa yang akan anda pelajari pada hari ini dan tanggal ini, lalau apa saja materi yang belum dipahami dan kapan anda memepelajarinya.

5. Stop bermain komputer dan gadget saat belajar
Smartphone dan komputer dapat mengalihkan anda saat akan belajar, sehingga jangan menghidupkan komputer dan smartphone anda ketika anda sedang belajar karena yakinlah bahwa itu akan mengalihkan perhatian anda ketika sedang belajar.

6. Gunakan metode belajar yang efektif bagi anda
Dalam belajar, tiap orang memiliki metode yang berbeda-beda ada yang suka belajar pada subuh hari, ada yang belajar sambil begadang, ada yang suka belajar sambil dengerin musik dan lain sebagainya. Nah, pilihlah dengan cermat bagaimana metode belajar yang tepat bagi anda dan tidak membosankan.

Sekian informasi terkait Cara untuk Fokus Belajar, kritik dan saran yang membangun sangat kami butuhkan.

0 komentar

Post a Comment