14 Jul 2014

Cara Mengurangi Stres dengan Relaksasi

Cara Mengurangi Stres dengan Relaksasi – Stres menjadi salah satu hal yang sangat sering melanda manusia di era modern seperti ini, stres bisa di sebabkan oleh banyak faktor, biasanya faktor uang (misalnya di jepit oleh utang yang sangat besar, pekerjaan yang sangat berat, dan mungkin juga karena sebab lainnya).

Bagaimana mengurangi dan mengatasi stress ???

Salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh orang lain adalah dengan berlibur, atau pergi ke suatu tempat yang bisa menyejukkan jiwa dan pikiran seperti misalnya di pantai, gunung dsb. Namun ternyata ada cara lain yang dapat membantu kita yaitu dengan melakukan relaksasi.

Berikut ini  7 teknik relaksasi sederhana yang sangat baik dan mudah dilakukan untuk mengurangi stres atau tekanan kehidupan:

Mitos tentang stress

Cara Mengurangi Stres

Bayangkan sesuatu hal yang membuat ‘rileks’

Ketika stress pikiran akan sangat aktif jadi, cobalah membayangkan suatu gambaran visual yang damai dan menenangkan, misalnya saat-saat pertama kali anda berlibur di pantai kuta bali, saat mendapatkan hadiah, saat diterima oleh wanita dsb.

Bermeditasi

Banyak diantara kita yang membayangkan bahwa bermeditasi itu hanya dilakukan dengan duduk bersila, menutup mata, dan duduk di tempat tertentu. Namun sebenarnya meditasi untuk menghilangkan stress adalah pengalihan perhatian sementara kemudian menenangkan pikiran, anda bisa melakukannya dengan berjalan, berenang, melakukan hobi, menulis dan lain sebagainya. Dan ternyata aktivitas yang baik untuk meditasi kita adalah aktivitas yang memiliki pola tetap dan berulang.

Ketika anda mulai membayangkan stres yang anda alami, berusahalan untuk membuang pikiran tersebut, dan biarkan pikiran anda larut dalam kesibukan aktifitas anda

Tarik napas dalam-dalam untuk menghilangkan stres

Perasaan stres akan meningkatkan tensi dan membuat napas menjadi pendek/dangkal, sementara perasaan yang tenang membuat napas menjadi rileks.

Tarik napas panjang-panjang dengan tenang, kemudian –sambil menurunkan bahu hembuskan napas secara perlahan dari mulut. Rasakan aliran besar udara yang keluar masuk dan fokuskan pikiran ke sana. Tarik napas, dan rasakan perut dan dada mengembang. Buang napas, rasakan bahu menurun dan perut kembali mengecil. Ulangi bernapas seperti itu 10-15 kali, sehingga pikiran akan menjadi lebih rileks

Mulailah Minum teh hangat

Teh adalah salah satu minuman yang mudah kita buat, cobalah untuk minum teh hangat, karena teh yang diminum selagi masih hangat merupakan reseo tradisional untuk menenangkan pikiran teh juga dapat menurunkan level cortisol (hormon stres) dalam tubuh kita.

Relaksasi dengan memijat diri sendiri

Ketika stress otot-otot tubuh kita bisa menjadi tegang oleh karena itu lakukanlah pijatan pada diri kita sendiri, caranya anda dapat memijat daerah sekitar bahu dan leher,

Menghentikan sejenak aktivitas untuk mengurangi stress

Ketika emosi dan level stress seras sangat tinggi maka hentikanlah segala aktivitas yang sedang anda lakukan saat itu, kemudian cari tempat yang dirasa cocok untuk berdiam diri duduk tenang. Lakukan teknik relaksasi bernapas serta berfokus untuk melepaskan tekanan dan menenangkan detak jantung. Tenangkan pikiran selama beberapa menit.

Relaksasi stress dengan mendengarkan musik

Artikel yang pernah saya baca menyebutkan bahwa musik dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks, tentu saja musik yang didengarkan adalah musik yang enak didengar dan tempo yang ringan. Penelitian menunjukkan bahwa musik dapat memberikan ‘efek tenang’ setara dengan 10mg Valium.

     

0 komentar

Post a Comment