3 Feb 2015

Dampak Buruk Smartphone Bagi Tubuh Kita

ZeTekno.com Dampak Buruk Smartphone Bagi Tubuh Kita – SMARTPHONE menjadi tren di zaman sekarang, selain karena kecanggihan dan banyaknya fitur yang ditawarkan, juga karena harganya bervariasi mulai dari murah hingga paling mahal. Namun tahukan anda bahwa jika digunakan terlalu sering smartphone juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita. Berikut dampaknya.


Dampak buruk smartphone Ilustrasi penggunaan smartphone



Dampak Buruk Smartphone Bagi Tubuh Kita


1. Anda Bisa Kehilangan Pendengaran


Bunyi bising dapat merusak rambut halus dalam telinga, yang mana getaran akibat suara dan pproses engiriman sinyal ke otak. Mayoritas kita percaya bahwa membesarkan volume suara itu lebih baik, namun suara yang anda dengar tidak sekeras yang anda pikirkan, khususnya jika volume suara naik perlahan.


Demi mengatasinya, turunkan volume suara, beli headphone yang berkualitas sehingga kualitas suara yang anda dengar sebanding dengan uang yang anda keluarkan. Jika anda sering di tempat yang bising atau mendengarkan musik saat menaiki kendaraan, cobalah untuk tidak menggunakan headphone. Langkah tersebut akan mengurangi resiko kehilangan pendengaran anda.



2. Penglihatan Bermasalah


Mata yang tegang adalah hasil dari pengunaan berlebih otot mata untuk fokus dan akhirnya menyebabkan sakit kepala. Terlalu fokus pada objek kecil yang ada di smartphone saat memutar video akan membuat mata kering dan beresiko membuat penglihatan memudar.


Demi mengurangi resiko tersbeut, cobalah untuk memberi waktu pada mata anda untuk berisitirahat dan jangan memaksakan mata untuk terus bekerja ketika sudah lelah.



3. Pola Tidur Berdampak


Cahaya khususnya cahaya berwarna biru cenderung akan menghentikan produksi melatonin. Saat frekuensi cahaya biru terlalu dekat dengan wajah anda (seperti saat menggunakan smartphone) akan membuat tubuh berhenti memproduksi melatonin.


Demi menghindari pola tidur yang berantakan, cobalah untuk tidak menggunakan smartphone selama sejam sebelum tidur. Letakkan smartphone di ruangan lain, jadi anda tidak tergoda untuk membukanya di tengah malam hanya untuk melihat jam.



4. Kesehatan Psikis


Anda bahkan memiliki tiga smartphone berbeda untuk dapat memudahkan anda dalam berkomunikasi dengan banyak orang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Misalnya smartphone untuk bisnis dan keluarga dibedakan. Terlalu sering berkutat dengan smartphone akan mempengaruhi tingkat emosional anda.


Cara menghindarinya, cobalah mengurangi frekuensi penggunaan smartphone anda dengan menjadwal kapan anda harus mengecek email, pesan, atau media sosial.


Sekian info mengenai Dampak Buruk Smartphone Bagi Tubuh Kita semoga bisa bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment