16 Mar 2015

Cara Supaya Percaya Diri saat Tampil Persentasi




CaraHow.com Cara Supaya Percaya Diri saat Tampil Persentasi – Nah ini dia salah satu penyakit yang muncul ketika kta dihadapkan pada persoalan akan tampil saat akan persentasi di depan umum, biasanya kaki mulai gemetaran, tangan dingin dan jantung berdegup kencang. Tahu nggak salah satu hal penyebab grogi ini adalah karena kita itu kurang terbiasa menghadapi susana ketika akan tampil didepan publik. Nah untuk mengetahui cara mengatasi nerveous ini ikuti cara berikut guys


1. Lakukan affirmasi dan visualisasi sebelum presentasi di mulai.


Affirmasi dan visualisasi sudah saya bahas pada postingan saya sebelumnya. Teknik ini sangat dahsyat untuk meraih kepercayaan diri dan meraih apapun yang Anda inginkan dalam bidang apapun juga.


2. Lakukan persiapan materi presentasi dan kuasai materi yang akan dipresentasikan.


Anda harus benar-benar siap dalam menghadapi presentasi. Persiapan mulai dari materi yang bagus dan penguasaan materi tersebut.


3. Lakukan persiapan penampilan fisik Anda.


Anda harus tampil rapi dan sopan dalam presentasi karena semua mata akan tertuju pada Anda.


3. Tenangkan diri anda sejenak.


Sementara anda menunggu giliran, atur nafas anda. Tarik nafas dalam-dalam, keluarkan lambat-lambat. Tenangkan pikiran dan emosi anda.




[caption id="attachment_84" align="aligncenter" width="216"]Cara Supaya Percaya Diri Cara Tampil Percaya Diri Saat Persentasi[/caption]


4. Berdirilah dengan sigap.


Berjalanlah dengan tegap dan mantap. Bila perlu hembuskan nafas lepas sambil berteriak kecil, “yes”. Atau turut bertepuk tangan menyambut applaus dari audiens. Lakukan apa-apanya dengan sikap tegas. Biarkan energi itu mengalir dalam gerakan anda.


5. Berbicaralah dengan keras dan lantang.


Bila anda berbicara lambat, maka bibir anda akan semakin gemetar, suara anda pun bergetar. Salurkan rasa grogi anda melalui suara anda yang keras dan lantang. Suara keras anda bukan hanya dapat mengatasi kecemasan, namun juga sarana menyalurkan energi tersebut.


6. Diam sejenak.


Anda dapat menyalurkan ketegangan dalam diri anda pada para audiens, yaitu dengan memulai presentasi anda dengan diam beberapa detik. Biarkan ketegangan anda terserap dan jadi ketegangan audiens.


7. Lontarkan humor yang wajar.


Lenturkan kegugupan anda dengan sebuah humor yang wajar. Anda memang perlu merencanakannya dengan baik, namun jangan sampai kehilangan spontanitas.Dan, humor terbaik yang tidak akan melukai perasaan siapa pun adalah humor tentang diri anda.


Mudah-mudahan bermanfaat nih Cara Supaya Percaya Diri saat Tampil Persentasi buat kalian.





0 komentar

Post a Comment