22 Aug 2015

Cara Wawancara Yang Baik dan Benar Terbaru

INI-CARANYA Cara Wawancara Yang Baik dan Benar Terbaru – Bagaimana cara wawancara yang baik dan benar? itu lah yang biasanya jadi pertanyaan para calon orng yang mau di wawancarai.

Biasanya wawancara dilakukan oleh instansi yang memiliki pengharapan tinggi agar karyawan yang akan diterimanya adalah karyawan yang memang memiliki kualitas yang baik, nah oleh karena itulah dilakukan wawancara.

Apa yang harus saya persiapkan ketika saya akan diwawancarai?

Jawabannya: adalah persiapkan diri dan ketahuilah hal-hal yang kira-kira akan ditanyakan oleh pewawancara.

Mau tahu cara wawancara yang baik dan benar?

Simak ulasan ini-caranya.blogspot.com di bawah ini:

Cara Wawancara Yang Baik dan Benar

Persiapan Sebelum Wawancara

===BERDOA TERLEBIH DAHULU SEBELUM WAWANCAR===

1. Ketahuilah dalam dan luar perusahaan yang akan anda lamar

Perkenalan diri dengan perusahaan adalah salah satu hal yang sebiknya anda lakukan, karena perusahaan senang dengan caalon karyawan yang tahu betul tentang perusahannya.

Anda bisa mencari detail tentang perusahaan tersebut di media online, situs perusahaan dan sebagainya. Anda juga bisa menyiapkan opini/pandangan anda terhadap perusahaan tersebut.

2. Datang cepat, jangan terlambat

Dengan datang lebih awal, anda mempunyai waktu yang lebih banyak untuk menenangkan diri sebelum wawancara dimulai. Ketahuilah bahwa ketika anda terlambat dan terburu-buru untuk datag ke lokasi wawancara maka adrenalin dan detak jantung akan bertambah cepat, yang nantinya akan membuat anda kesulutan menjawab pertanyaan dari pewawancara.

WARNING!! Jangan sekali-kali terlambat, karena akan memberikan kesan buruk

wawancara jangan terlambat Ilustrasiu terlambat

Persiapan Ketika Wawancara

3. Saat masuk ruangan ucapkanlah salam dan jangan lupa ketuk pintu juga

Saat anda memasuki ruangan, ucapkanlah salam dengan intonasi suara yang tepat. Misalnya dengan ucapan salam "Selamat pagi Pak/Bu", atau anda bisa menambahkan kata-kata pamungkas "Senang bisa bertemu dengan anda" atau "Sebuah kehormatan bisa bertemu dengan anda". Kata-kata pujian atau complimentary merupakan kata-kata yang pasti setiap orang senang mendengarnya.

WARNING!! jangan juga terlalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tentu saja tidaklah baik

4. Jangan lupa berjabat tangan dengan pewawancara

Segera jabat tangan dengan pewawancara ketika pertama kali bertemu, jabat tangannya jangan terlelu keras dan jangan terlalu lemah, sambil tersenyum.

Jabat tangan saat wawancara Ilustrasi jabat tangan saat wawancara

5. Jangan duduk sebelum dipersilahkan.

Tetap pada posisi anda, jangan langsung duduk sebelum anda dipersilahkan untuk duduk. Meskipun terkesan sederhana, namun pewawancara sesungguhnya bisa menilai attitude atau sikap anda dari hal tersebut. Duduklah dengan tegak namun santai dan tetap sopan sehingga anda bisa melakukan wawancara dengan rileks. Cara Wawancara Yang Baik dan Benar Terbaru

6. Tetap tersenyum dan lakukan kontak mata (tatap mata pewawancara)

Ingat agar tetap tersenyum, dan lakukan kontak mata dengan pewawancara untuk menunjukkan keseriusan dan kepercayaan diri anda.

Senyum saat wawancara Ilustras senyum

7. Ceritakan diri anda dengan jujur.

Deskripsikan diri anda secara jujur dan terbuka dengan bahasa yang tepat. HRD pasti telah seringkali melakukan proses wawancara kerja, oleh karenanya seorang HRD yang berpengalaman pasti mengetahui saat anda berbicara jujur ataupun saat tengah berbohong.Cara Wawancara Yang Baik dan Benar Terbaru

8. Tunjukan antusiasme dan semangat anda

Jawab pertanyannya pewawancara dengan antusias dan semangat untuk menunjukkan keseriusan anda dengan pekerjaan tersebut.

10. Ucapkan terima kasih saat wawancara berakhir.

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih saat wawancara berakhir dan jabat tangannya.

TIPS: ketika anda disuruh mengajukan pertanyaan maka gunakanlah pertanyaan ampuh ini =APA ADA ALASAN SAYA TIDAK DITERIMA BEKERJA DISINI?=

Semoga infromasi mengenai Cara Wawancara Yang Baik dan Benar Terbaru ini bisa bermanfaat. GOOD LUCK

0 komentar

Post a Comment