8 Dec 2012

Cara Mengobati Nyeri Punggung


Cara Mengobati Nyeri Punggung - Umumnya penyebab nyeri punggung adalah peregangan otot. Adapun petunjuk mencegah dan mengatasi nyeri punggung bisa anda dapatkan, diantaranya sebagai berikut:

Cara Mengobati Nyeri Punggung
Cara mengobati nyeri punggung:
Peregangan setiap pagi
Perlu anda tahu para pembaca blogiztic, mulailah dari sekarang melakukan kegiatan peregangan selagi anda masih di tempat tidur. Bangun pagi jika dengan tergesa-gesa menurut pakar kesehatan merupakan hal yang salah. Ini bisa anda rasakan adanya nyeri punggung. Cobalah merengangkan tubuh anda semasa anda ingin bangun dengan metode sebagai berikut.
Mulanya pelan-pelan regangkan lengan anda ke atas kepala, kemudian tarik lutut Anda ke arah dada secara bergantian. Apabila Anda siap untuk duduk, bergulirlah ke sisi tempat tidur dan gunakan lengan Anda untuk membantu mengangkat tubuh Anda. Setelah berdiri letakkan tangan Anda pada pantat lalu pekan-pelan condongkan tubuh ke belakang untuk meregangkan tulang punggung.

Sempatkan diri berjalan-jalan
Sebuah pakar kesehatan banyak yang mengungak manfaat dan khasiat berjalan-jalan (jogging) membuat tubuh menjadi bugar. Manfaat lain dari jogging ini adalah memperkuat otot-otot yang membentuk pantat, kaki dan perut. Disammping itu, berjalan lebih cepat dapat membantu tubuh mengeluarkan endorfin (meredakan nyeri).

Istirahatkan punggung
” Duduk memberikan tekanan lebih banyak pada punggung daripada berdiri”.
Berlutut, jangan membungkuk
Fenomena ini sering salah penerapannya. Hindari dari sekarang membungkuk setinggi pinggang ketika mengambil sesuatu. Jika ini dibiarkan saja, berkemungkinan menciptakan ketegangan pada punggung dan memperbesar resiko cedera.

Gunakan kaki untuk bekerja
Perlu anda tahu para pembaca blogiztic, jika anda sedang mengangkat sesuatu barang yang beratnya 3 kg atau 22 kg maka berjongkoklah. Usahakan agar punggung tetap tegak kemudian angkat beban itu menggunakan tenaga kaki. Taksir beban yang akan Anda angkat.

Condongkan punggung ketika mengangkat beban
Apabila Anda tidak menemukan seseorang untuk membantu mengangkat beban berat, cobalah cara berikut sebagai langkah terakhir: Apabila benda itu terletak setinggi meja, condongkan tubuh Anda ke arah benda itu untuk menarik atau mengangkatnya. Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk mengangkat jendela geser. Posisi ini mengurangi tekanan pada tulang punggung Anda karena Anda terpaksa menggunakan kaki sebagai penumpu.

Perhatikan tempat tidur
Kasur harus menyediakan dukungan yang benar, rata, dan tidak melendut. Jadi, kalau Anda merasa seperti tidur di tengah roti yang tengahnya sudah dikeduk, berarti Anda memerlukan sebuah kasur baru. Sebuah kasur kehilangan sebagian besar daya dukungnya setelah dipakai cukup lama. Sebuah kasur kurang lebih sama dengan sepasang sepatu. Mula-mula pas dan enak dipakai, tetapi tidak berarti akan selamanya demikian.

Pasang bantalan untuk punggung bagian bawah
Bantalan dari karet busa berbentuk bundar yang dapat dibeli di toko-toko perlengkapan medis dapat menolong Anda mempertahankan lengkung yang alami pada tulang punggung bagian bawah dan mencegah nyeri pada bagian itu. Setiap kali Anda duduk, pasang bantalan itu di antara kursi dan punggung bagian bawah Anda.

Silahkan dicoba cara mengobati sakit punggung tersebut, mudah-mudahan berhasil.

0 komentar

Post a Comment