23 Oct 2013

Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Cara Alami

Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Cara Alami – Pernahkah kamu merasakan sakit kepala yang sangat menyiksa sehingga membuat kita uring-uringan, nah saya pun sebagai admin sering mengalami sakit kepala, ketika tugas-tugas kampus sudah deadline, kegiatan diluar semakin bertambah, dan waktu tidur yang semakin kuran menjadi faktor komplit penyebab dari sakit kepala tersebut, nah solusi yang saya lakukan adalah cukup dengan istirahat yang cukup dan mandi supaya badan lebih segar. Nah belakangan adabanyak cara alami lain untuk mengobati sakit kepala.

Cara Mengobati Sakit Kepala secara Alami:

1. Tidur (Mengobati sakit kepala)

Nah ternyata kelebihan tidur itu salah, dan juga kekurangan tidur pun salah. Perilaku tidur tersebut dapat menyebabkan sakit kepala yang berkepanjangan. Tubuh manusia bukanlah sebuah robot yang dapat di-setting sehingga dapat beraktivitas selama 24 jam.
Sudah selayaknya kita dapat menyempatkan diri untuk tidur yang cukup dan teratur yakni 7-8 jam dalam sehari. .

2. Mengatasi sakit kepala dengan Minum Air

Karena kita ketahui bahwa tubuh manusia merupakan sebagian besarnya berupa air, jadi air bisa membantu mengatasi berbagai masalah di tubuh kita, sebaiknya kita minum air sebanyak 8 sampai dengan 10 gelas air setiap hari. Ternyata sakit kepala disinyalir sebagai salah satu indikator 'kehausan' pada tubuh. Nah, dengan minum air tentunya dapat membuat Anda bisa sedikit lebih baik

3. Es batu
Sekantong es akan membuat mati rasa daerah yang sakit dan dapat mengurangi rasa sakit kepala Anda. Jika Anda merasakan rasa sakit atau nyeri akibat ketegangan dan stres, Anda boleh mengambil icepack dan ditaruh di kepala, bahu atau belakang leher.

4. Lindungi Mata dari berbagai hal yang buruk
Cara Mengobati Sakit Kepala dengan alami - Radiasi komputer atau cahaya berlebihan ternyata dapat memicu timbulnya sakit kepala. Jika Anda menderita sakit kepala akibat penggunaan komputer berlebihan, cobalah gunakan layar anti-silau saat bekerja di depan komputer. Hal ini pun sering saya alami akibat dari aktivitas saya sebagai seorang blogger.

Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Cara Alami

5. Pijat
Pijat pada daerah penghilang rasa sakit dilakukan dengan cara memijat bagian telapak tangan yang berada diantara jempol dan jari telunjuk dan diikuti dengan pemijatan pada daerah ini juga di bagian kaki. Lakukan pemijatan sampai diri Anda merasakan sakit karena pemijatan ini. Pijat memang dapat membantu merileksakan otot kulit kepala

6. Peregangan
Lakukan peregangan untuk mengurangi otot tegang yang memberi kontribusi terhadap nyeri. Cobalah tiga gerakan ini : gerakan leher (dagu ke depan, ke atas, dan ke samping kiri dan kanan); gerakan bahu (gerakan bahu ke atas, putar bahu ke depan dan belakang); dan leher isometrik (tangan menekan pada setiap sisi kepala). Lakukan peregangan dua kali sehari selama 20 menit per sesi. Tahan peregangan selama lima detik, relaks selama lima detik, dan ulangi setiap peregangan tiga sampai lima kali.

7. Berolahraga Aerobik
Latihan aerobik yang teratur, seperti jalan cepat, bersepeda, atau berenang, dapat mengurangi intensitas dan frekuensi migrain, menurut National Pain Foundation. Sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan dalam jurnal Headache terhadap pasien migrain yang melakukan senam teratur selama 12-minggu dengan bersepeda di dalam ruangan menunjukkan, ada peningkatan kualitas hidup dan berkurangnya angka kejadian migrain, serta intensitas nyeri. Latihan aerobik bisa dibilang bagai seaya sebagai olahraga mini

8. Melakukan Meditasi
Berbagai teknik meditasi dapat digunakan untuk memfokuskan perhatian dan menenangkan pikiran dari gangguan seperti nyeri kronis. Pada titik ini, ada sedikit data tentang efek dari meditasi pada migrain. Para peneliti di Johns Hopkins School of Medicine, di Baltimore, yang terlibat dalam percobaan klinis mencoba menentukan apakah Vipassana - teknik meditasi kuno India yang berfokus pada pikiran - dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Sebuah riset kecil pada penderita migrain menemukan bahwa meditasi spiritual mengurangi frekuensi sakit kepala dan toleransi nyeri yang lebih baik ketimbang meditasi sekuler dan relaksasi otot.

Okeh, cukup sekian tips Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Cara Alami semoga bisa bermanfaat buat kamu yang memang mengalami masalah sakit kepala yang akut dan berlebihan. oh ya jangan lupa untuk menyuarakan pendapat kamu di kotak komentar yah.

1 komentar:

  1. Sakit kepala emang gak enak gan, kalo saya biasanya sakit kepala karena masuk angin dan itu ujung2 nya harus muntah baru anginnya hilang dan ga sakit kepala lagi.. makasih buat share tips nya gan..

    ReplyDelete