30 Jan 2014

Cara Tepat Memilih Kerang yang Masih baik dan Segar

Cara Tepat Memilih Kerang yang Masih baik dan Segar – Kerang adalah salah satu makanan laut atau biasa juga disebut dengan seafood yang bagi saya cukup murah meriah, dulu jaman-jaman SMA saya biasa mencari kerang di laut untuk kemudian di konsumsi sendiri, rasanya tidak kalah nikmat dibandingkan dengan laukpauk lain seperti ikan ataupun daging. Di daerah saya kerang kerang itu dinamkan dengan bondro-bondro dan juga ada tiram yang warnanya putih. Karena langsung diambil dari laut pastnya kerang-kerang ini lebih segar dibandingkan kita beli, oleh karena itu kali ini saya punya tips makanan tentang bagaimana caranya untuk memilih kerang yang baik dan segar untuk kita konsumsi.

Cara Tepat Memilih Kerang yang Masih baik dan Segar:
 
1. Pertama-tama perhatikan kerang yang dalam cangkang, pada saat mau membeli pastikan cangkang kerang banyak yang terbuka, ini menunjukkan bahwa kerang-kerang tersebut masih dalam kedaan hidup, artinya kerang itu masih segar.

Cara Memilih Kerang Yang baik untuk di konsumsi 
2. Nah, sekarang untuk kerang-kerang yang sudah lepas dari kulit cangkangnya. Pilihlah kerang yang dagingnya masih padat, terlihat utuh dan warnanya cerah / kecoklatan ( apabila daging kenyal dan warna pucat biasanya sudah dicampuri borakss dan formalin)

3. Lalu coba deh perhatikan warna daging kerang. Jika warna daging kerang tersebut belum berubah dari aslinya, maka itu masih segar. Tapu jika dagingnya telah berubah warna maka itu tidak segar, daging kerang yang telah berubah warna menunjukkan bahwa kerang telah busuk.

4. Coba untuk mencium aroma dari kerang tersebut, yang segar akan beraroma amis yang khas bukan beraroma busuk.

Tips
jangan terlalu banyak makan kerang ya, karena Rasulullah saw berpesan agar tidak berlebih-lebihan

Gampang kan membedakan kerang yang masih segar dan sudah tidak segar, jadi nanti pas mau membeli kerang ingat deh tips cara memilih kerang yang baik dan benar dari saya ini hehe. Hidup sehat.

2 komentar:

  1. Ada gak cara agar tidak alergi sama kerang, udang, kepiting dan lainnya???

    ReplyDelete
  2. jadi pilih yang dagingnya masih padat yah

    ReplyDelete