7 Feb 2014

Cara – Cara Meningkatkan Motivasi Belajar ala Ini Caranya

Cara – Cara Meningkatkan Motivasi Belajar ala Ini Caranya – Belajar adalah proses untuk mengenali dan mengetahui sesuatu hal, sejak kita kecil mulai dari TK hingga ke perguruan tinggi, mengapa kita harus belajar.?? tentu saja untuk mengetahui yang tidak kita ketahui dan menghancurkan yang namanya tembok kebodohan. Namun yang namanya kemalasan selalu mengintai dan membuat kita menjadi enggan untuk belajar sehingga kita perlu yang namanya motivasi untuk meningkatkan semangat belajar dalam diri kita. Kali ini saya punya tips sebanyak 6 cara untuk meningkatkan motivasi belajar kita:

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar :

1. Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Cara Membuat Buat Target
Seperti layaknya seorang atlit pemanah yang selalu mempunyai target, maka ketika kita ingin meningkatkan motivasi kita, maka pertama-tama kita harus membuat yang namanya target. Ketika kita masih SD, SMP atau SMA kita harus membuat target misalnya mau bersekolah di sekolah favorit dan unggulan atau juga berhasrat ingin mendapatkan beasiswa. Ketika kuliah kita bisa berhasrat untuk menjadi seseorang yang sukses nantinya dan ingn menjadi seorang yang sukses dan memiliki pekerjaan yang sukses.
Motivasi Belajar 
2. Bersosialisasi dengan Orang lain
Sosialisasi juga sangat penting dalam hidup kita. Bersosialisasi membuat kita dapat mengenal para teman-teman kita untuk kemudian kita  bisa mendapatkan sebuah kisah dari mereka entah itu kisah kesuksesan mereka ataupun kisah yang menggugah dari mereka. Sehingga lama kelamaan kita akan semakin termotivasi untuk belajar dan lebih sukses dari mereka.

3. Belajar Bersama Teman-teman (Buat kelompok belajar)
Belajar bersama akan lebih efektif dibandingkan dengan belajar sendiri, ketika kita belajar bersama kita akan lebih baik dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan kita bisa sharing bersama teman-teman, nah oleh karena itu buatlah sebuah kelompok belajar di sekolah atau kampusmua, sehingga kalian bisa sharing, dan kamu akan mendapatkan motivasi yang baru untuk terus belajar.

4. Buat Lingkungan kondusif
Buat suasana lingkungan kondusif agar kita lebih baik dalam berfikir, cobalah untuk sesekali pergi ke tempat yang menenangkan seperti ke pantai, atau pergi ke tempat yang kamu sukai, ini untuk membuat pikiran kita menjadi lebih segar untuk kemudian bisa belajar lebih baik.

5. Buang Semua Godaan
Godaan akan selalu menghadang tiap perjalanan kita dalam belajar, apalagi ketika umur kita masih muda, berdasarkan pengalaman saya ada tiga hal yang akan menjadi godaan game, wanita dan bersenang-senang. Mulai sekarang buang semua hal itu, lebih baik gunakan waktu kita untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

6. Baca Biografi orang-orang yang telah Sukses
Cobalah untuk membaca biografi mereka yang telah sukses, sperti B.J Habibie, Bill Gates dan sebagainya, ganti bacaan kita yang dulunya adalah bacaan novel atau komik menjadi bacaan seperti ini.

Nah itulah tadi sebanyak 6 Cara – Cara Meningkatkan Motivasi Belajar semoga motivasi belajar kamu akan semakin tergugah dan lebih semangat lagi untuk belajar. Good luck.

1 komentar:

  1. mantap banget nih tips gan.. pastinya bermanfaat ntar buat temen2 yang mau UAN ama ikut snmptn.. :)

    ReplyDelete