20 Mar 2014

Cara Melakukan SIT UP

Cara Melakukan SIT UP – Melakukan olahraga sit up bisa menjadi salah satu olahraga yang sedikit melelahkan namun memiliki manfaat yang sangat baik terutama untuk otot-otot di daerah perut anda. Dan banyak orang yang menggunakan olahraga sit up ini sebagai salah satu cara untuk melangsingkan badan dan lemak-lemak yang berada di daerah perut dan untuk menambah kebugaran serta kesehatan tubuh. Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara melakukan sit up yang benar maka berikut ini cara melakukannya.

Cara Melakukan SIT UP

1. Sebelum Melakukan SIT UP lakukanlah peregangan dan pemanasan terlebih dahulu

Dalam melakukan setiap olahraga, ada baiknya kalau kita melakukan pemanasan terlebih dahulu. Sebelum melakukan sit up sebaiknya anda mulai melakukan pemanasan di sendi-sendi anda terlebih dahulu, seperti melakukan pemanasan ketika di sekolah. Ini baik untuk membiasakan otot dan membuat sendi-sendi terbiasa sebelum melakukan sit up.

2. Sebelum SIT UP Siapkanlah alas yang nyaman.

Gunakanlah alas yang baik digunakan untuk tiduran saat sit up, jangan menggunakan alas yang terlalu empuk dan jangan pula yang terlalu keras, ini baik untuk menjaga kenyamanan bagian belakang anda. Orang terkadang melakukan sit up di lantai dan tanpa menggunakan alas apapun.

Cara melakukan sit up

3. Langkah Sit up (berbaring)

Lakukan tahap-tahap berikut ini. Berbaringlah di alas yang telah anda disediakan kemudian tekuklah kaki anda membentuk sudut 90 derajat dengan telapak kaki tetap menyentuh lantai. Ingat jangan sampai telapak kaki anda terangkagt dari tempatnya karena ini akan mengakibatkan olahraga sit up ini gagal.

4. Posisi Tangan

Untuk posisi tangan anda, letakkan tangan anda di belakang kepala sambil saling menggemgam kepala. kemudian kepala diangkat sedikit saja sampai terbentuk sudut 30 derajat tetapi ada juga yang menyarankan agar badan tegak lurus dengan laintai sampai membentuk sudut siku-siku.

5. Mengatur Nafas Saat SIT UP

Mengatur pernapasan kita saat sit up sangat baik untuk menjaga kita agr tidak mudah lelah saat berolahraga. Saat badan anda dinaikan buanglah napas, kemudian sebaliknya saat tubuh anda turun tarik nafas. Lakukan terus menerus

6. Evaluasi Gerakan Sit up

Sebaiknya anda usahakan agar kecepatan naik dan turun tubuh saat sit up itu sama. Jika terdapat rasa sakit dan tekanan selain di perut segera hentikan karena kemungkinan sit up yang dilakukan masih kurang benar.

Oke, semoga membantu cara melakukan sit up tersebut, jangan lupa untuk berkomantar jika ada tang masih belum di pahami.

0 komentar

Post a Comment