17 Mar 2014

Cara Merawat Pisau dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Pisau dengan Baik dan Benar – Pisau dalam kehidupan sehari-hari lebih banyak digunakan oleh para Ibu rumah tangga yang selalu berjibaku dengan masakan dan makanan di dapurnya, namun bagai sebagian orang pisau adalah alat pertahanan jarak dekat yang sangat efektif untuk melumpuhkanmusuhnya seperti pisau yang digunakan oleh satpam atau tentara maupun militer lainnya. Dalam setiap penggunaanya seharusnya kita harus selalu merwat pisau tersebut setelah selesai digunakan, jangan sampai pisau menjadi cepat rusak apabila tidak sering dirawat, nah berikut ini caranya merawat pisau.

Cara Merawat Pisau dengan Baik dan Benar

1. Carikanlah Tempat yang Cocok untuk Merawat Pisau

Carilah tempat yang baik dan cocok untuk pisau anda, misalnya saja seperti kotak penyimpanan pisau yang memang dikhususkan untuk menyimpan pisau, karena pastinya memiliki kualitas dan kemampuan untuk merwat yang baik, namun untuk pisau yang sering dibawa-bawa maka ada sarung khusus untuk pisau tersebut. Jangan meletakkan pisau secara sembarangan dan tidak rapi.

2. Bersihkanlah Pisau setelah selesai Dipakai

Jangan lupa untuk membersihkan pisau yang telah digunakan, jangan menyimpan pisau yang masih kotor dan belum dibersihakan, karena akan membuat masalah yang buruk pada pisau anda seperti berjamur atau berkarat. Secepat nya setelah di pakai, pisau anda harus di cuci dengan air hangat yang mengalir ditambah dengan sedikit sabun, lalu kemudian dengan hati-hati keringkanlah dengan cara di lap.

3. Jagalah Pisau Anda tetap Kering

Setelah selesai meenggunakan pisau dan mencucinya, jangan lupa untuk mengelap pisau tersebut sehingga pisau tersebut tidak basah ketika akan disimpan. Sebagai contoh apabila kita punya pisau  bahannya terbuat dari baja karbon maka pisau tersebut tetap akan mengalami karatan. Maka berikanlah minyak yang cocok untuk pisau dan aman untuk makanan yang akan anda iris dengan pisau tersebut.

cara merawat pisau

4. Rawatlah Ketajaman Pisau Anda

Pisau yang tajam sangatlah baik ketika digunakan, maka dari itu jangan lupa untuk merawat ketajaman pisau yang telah anda gunakan. Karena seiring waktu pisau yang sering anda gunakan akan terus kehilangan ketajamnnya, ketajaman ini bisa anda pertahankan dengan cara mengasahnya dengan menggunakan asahan.

cara merawat pisau dengan baik dan benar

5. Gunakan Papan potong atau talenan yang Baik

Papan talanan yang baik akan sangat bermanfaat untuk tidak membuat pisau anda cepat hilang ketajamannya, jangan gunakan papan talanan yang kalau digunakan bisa membuat pisau kita menjadi tidak tahan lama dan menghilangkan ketajaman pisau.

Itulah cara untuk merawat pisau yang anda gunakan dengan baik dan benar, silahkan dipraktekkan pada pisau anda yah, terima kasih.

1 komentar: