23 May 2014

6 Cara Mudah untuk Mengatasi Komputer yang Hang

6 Cara Mudah untuk Mengatasi Komputer yang Hang | Komputer yang hang menjadi salah satu masalah yang akan membuat kita menjadi sangat jengkel apalagi jika misalnya kita sedang mengerjakan tugas yang mendesak,oleh karena itu apabila komputer kita sedang hang maka itu akan membuat kerja tugas menjadi terhambat. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer menjadi hang, seperti virus, malware, ataupun kerusakan pada salah satu bagian dari komputer, nah berikut ini akan saya papaarkan sebanyak 6 cara untuk mengatasi komputer yang hang.

Cara  Mengatasi Komputer yang Hang

1. Sistem Operasi yang rusak

Kadangkala sistem operasi yang kita gunakan pada laptop ataupun notebook yang bisa rusak ssehingga perlu untuk diperbaiki. Caranya adalah dengan menggunakan software ataupun antivirus untuk mendeteksi virus, namun jika hal ini belum berhasil maka bisa dilakukan dengan reinstall sistem operasi anda.

Sistem operasi Sistem operasi

2. RAM yang bermasalah dan rusak

RAM yang kita gunakan pada laptop atau notebook seringkali mengalami masalah atau kerusakan pada ada pada bagian kaki / soket tembaga, dan sering sekali kotor. Cara untuk mengatasinya adalah dengan cara membersihkan  kaki tembaga tersebut. Gosoklah dengan menggunakan menggunakan penghapus pensil supaya kotoran yang menempel bisa hilang.

RAM

RAM (Random Acces Memory)

3. Hardisk yang tua atau cacat dan rusak

Harddisk juga bisa menjadi salah satu penyebab komputer menjadi hang, karena harddisk bisa mengalami yang naanya bad sector. Namun untuk hardisk yang sudah tua atau yang bermasalah maka sebaiknya anda partisi ulang atau Format FULL, tapi untuk hardisk yang terkena cacat tapi masih baru sebaiknya segera tukarkan sebelum masa garansinya menjadi habis.

Harddisk Harddisk


4. Power Supply Drop atau Rusak

Power supply pun bisa menjadi salah satu faktor penyebab hang. Kerusakan pada power supply banyak diakibatkan pada panasnya suhu pada power supply. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan power supply anda.

5. Motherboard yang Rusak

Untuk motherboard jika sudah banyak komponen yang terbakar lebih baiknya kita ganti motherboard tersebut karena bila kita ganti dengan part yang di jual di pasaran tidak akan bertahan lama dan juga berdampak buruk pada processor

Motherboard

6. Debu dan kotoran yang Menempel

Selalulah membersihkan debu yang menempel pada laptop anda, seperti misalnya debu pada keyboard ataupun pada kipasnya.


Itulah tadi Cara Mudah untuk Mengatasi Komputer yang Hang semoga bisa bermanfaat yah.

0 komentar

Post a Comment