12 Jul 2014

Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air

Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air | Pada saat mandi mungkin anda pernah mengalami hal seperti ini, air yang masuk ke dalam telinga anda. Biasanya air yang masuk ke dalam telinga tidak sengaja terjadi, ketika mandi atau bisa juga ketika berenang.Cara yang umumnya dilakukan oleh orang ketika terjadi hal ini adalah dengan menepuk telinga yang dimasuki oleh air, namun cara yang juga biasa dilakukan adalah dengan melompat-lompat.

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan air dari dalam telinga, seperti dilansir dari Health Me Up

Telinga kemasukan air Ilustrasi telinga yang kemasukan air

Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air

Mengatasinya dengan memiringkan kepala

Caranya miringkan kepala anda hingga mendekati sejajar dengan laintai, kemudian letakkan telapak tangan anda ke bagian yang kemasukan air dan tekan lalu lepaskan dengan cepat, prinsipnya adalah seperti ruang vakum yang akan menghisap air yang masuk tadi keluar sedikit demi sedikit

Menggunakan pengering rambut

Selain dengan cara tadi anda juga bisa menggunakan pengering rambut atau bahasa kerennya disebut blow dryer, caranya pegang blow dryer di dekat telinga anda berjrak 25 – 30 cm kemudian atur panasnya menjadi yang sangat rendah, begitu juga kecepatan anginnya, nyalakan dan ulangi hingga airnya habis.

Mengambil nafas panjang

Caranya dengan menutup mulut kemudian pegang hidung dengan tangan lalu ambil nafas panjang dan keluarkan udara tadi melalui lubang hidung. Ini akan mengatur tekanan udara.

Menggunakan bawang putih

Caranya dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih dan ambil saripati di dalamnya. Kemudian ambil sekitar dua sampai tiga tetes sari bawang putih, kemudian masukkan dalam telinga yang kemasukan air. Tunggu selama beberapa menit, kemudian keringkan dan bersihkan telinga.

Itulah tadi cara untuk mengatasi telinga yang dimasuki air, semoga bisa membantu anda dan apabila masih belum berhasil sebaiknya anda konsultasi dengan dokter.

0 komentar

Post a Comment