21 Aug 2014

Cara Supaya Pintar

Cara Supaya Pintar – Menjadi pintar bukanlah menjadi halangan yang terlalu berarti, karena yang dibutuhkan adalah semangat terus berkarya, dan berusaha untuk mengasah kemampuan.

Bukan hanya faktor keturunan yang dapat menjadikan seseorang pintar, tetapi juga faktor usaha yang lebih baik.

Lalu bagaimana cara supaya pintar dengan menggunakan usaha sendiri. Perhatikan artikel berikut ini:

 

Cara Supaya Pintar

1. Pahami materinya jangan di hafal

Menghafal memang tidak salah namun, alangkah baiknya jika anda dapat memahami konteks materi yang anda pelajari. Seperti misalnya pada film 3 idiot yang menekankan pentingnya memahami dibanding menghafal.

2. Rajin membaca

Buku

Membaca memberi kita ilmu yang baru, dan membiasakan otak kita untuk memahami suatu materi dari bacaan tersebut, cobalah untuk membaca materi dua kali dalam sehari, misalnya pada saat sebelum dan sesudah guru/dosen menjelaskan. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

3. Catat pokok-pokok materi

Ambillah intisari dari setiap materi pelajaran yang anda pelajari, intisari ini nantinya akan sangat berguna jika anda memahaminya, tinggalkan catatan yang terlalu panjang.

4. Menghafal kata kunci

Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

5. Belajar di saat yang tepat

Belajar yang paling enak adalah ketika badan kita masih fit dan segar, anda bisa belajar di waktu subuh hari setelah atau sebelum shalat subuh. Hindari belajar ketika anda sedang stres dan banyak pikiran.

6. Buat suasana belajar menjadi nyaman

Buat hal yang anda sukai yang dapat dipadukan dengan belajar, misalnya anda suka berada di bawah pohon, maka anda bisa belajar dibawah pohon. Atau belajar sambil dengar musik dll

7. Buat Kelompok Belajar

Dosen saya mengajarkan kalaua mau belajar yang efektif yaitu dengan berkelompok, karena dengan berkelompok maka kita bisa saling membantu. Dan kesuksesan untuk menyelesaikan suatu masalah pun akan semakin meningkat

Membaca

8. Melatih kemampuan

Cara melatih kemampuan yang banyak saya dapatkan adalah dengan belajar soal-soal tertentu, di buku-buku pelajaran biasanya ada soal yang diselipkan dibagian akhir. Cobalah untuk menyelesaikan soal-soal tersebut secara mandiri

9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari

Ketika sudah paham dengan materinya cobalah kembangkan, pahami bahwa ada banyak soal-soal yang serupa namun tingkat kesulitannya berada diatas.

10. Istirahat yang cukup

Belajar terus boleh saja, tapi ingat untuk istirahat juga, tubuh dan otak kita bukan mesin yang dapat digunakan terus menerus, ada kalanya kita harus memberi waktu untuk istirahat. Berbaring atau meregangkan badan bisa menjadi solusinya setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

11. Tarik nafas dalam-dalam

Bernafas melalui hidung membuat fungsi otak berjalan baik, dan jika anda menarik nafas dalam-dalam maka akan memberikan asupan oksigan yang banyak ke dalam darah anda dan juga otak. Tingkat oksigen rendah pada darah anda akan mengurangi fungsi otak anda. 

12. Membuat jurnal

Catharine M. Cox, seorang penulis buku, memelajari bahwa orang-orang seperti newton, einstein sering menulis jurnal atau buku harian. Mereka banyak menuliskan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal. Anda bisa mulai mengikuti langkah mereka

Jurnal

13. Sering belajar

Belajar hal baru maka akan membuat kita memiliki aliran syaraf baru dalam otak. Orang yang “pintar” adalah seseorang yang memiliki aliran arus lebih banyak dibandingkan dengan orang lain. Otak manusia akan menciptakan aliran arus syaraf dengan mempelajari hal-hal baru, jadi semaakin banyak belajar maka semakin pintar otak anda.

14. Belajar membaca cepat

Photo Reading merupakan teknik yang sangat mudah dipelajari yang akan membantu anda memproses informasi tertulis dalam jumlah besar lebih cepat.

15. Jangan lupa untuk sarapan Pagi

Banyak diantara kita yang mungkin mengabaikan pentingnya sarapan pagi, ternyata sarapan dapat meningkatkan konsentrasi, kinerja mental daya ingat dan mood.

Sarapan pagi

16. Gunakan Tubuh Anda untuk Membantu Anda Mempelajari Sesuatu

Brain Gym (Olahraga Otak) merupakan program olahraga yang sederhana, yang dikembangkan selama 25 tahun oleh para spesialis pendidikan, Dr. Paul Dennison. Hal ini dapat membantu dalam berbagai hal seperti:

Pemahaman, Konsentrasi, Berpikir secara abstrak, Daya ingat dan sebagainya

17. Melakukan meditasi

Neuropsychologist mengatakan bahwa meditasi dapat mengubah struktur otak anda. Meditasi juga membantu menenangkan pikiran

18. Hindari makanan yang mengandung banyak gula

Ada efek jika anda mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, efek dari memakan makanan ini akan membuat anda sulit berpikir jernih. Penyebabnya adalah insulin yang mengalir dalam darah anda untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi.

19. Manfaatkan Setiap Waktu Anda.

Orang jepang sering membaca di tempat umum. Anda bisa mengikuti langkah ini mulai dari sekarang.

20. Cara supaya pintar dengan jogging

Bukti ilmiah menunjukkan bahwa olahraga aerobic membentuk kembali otak kita untuk mencapai kinerja optimal. Olahraga juga baik untuk peredaran darah dan menghindari kejenuhan. Carilah olahraga yang anda sukai selain jogging.

21. Melatih semua indra

Berdasarkan penemuan ilmuwan otak manusia belajar paling efektif melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan berbagai indra. Anak-anak dan orang dewasa belajar sangat baik ketika mereka belajar melalui kegiatan yang melibatkan penglihatan, suara, emosi, timbal balik, orientasi ruang, dan bahkan indra pengecap dan perasa.

22. Melatih gelombang otak alpha

Kondisi santai dapat meningkatkan keefisiennan belajar otak. Ketika dalam gelombang alph amaka gelombang otak berjalan sekitar 8 hingga 12 siklus per detik, yang dikenal dengan istilah kondisi alpha.

23. Mengonsumsi antioksidan

Antioksidan melindungi sel-sel tubuh anda, termasuk sel otak anda. Makanan yang bisa anda konsumsi adalah kismis, bluberry, blackberry, bawang putih bayam dsb

24. Bekerja meskipun di situasi terburuk

Cobalah melakukan sesuatu ketika anda sedang terpuruk, maka akan meningkatkan kemampuan anda dalam menghadapi masalah.

25. Membuat coretan di kertas

Menurut ilmuwan di Tufts University dan Stanford University, tindakan ini (mencoret-coret kertas) sebenarnya memantik otak. Ternyata otak menyukai gerakan yang terus menerus daripada gerakan yang tiba-tiba, cepat bergeser, penuh sudut tajam. Dan membuat otak bekerja lebih efisien dan memacu kreativitas.

Coretan kertas

26. Cobalah angkat alis mata anda

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Creativity Research Journal, tindakan sederhana mengangkat alis mata dapat mendorong adrenalin untuk berpikir lebih kreatif. Dan ini lebih efektif meningkatkan kreatifitas ketimbang mengernyitkan alis atau dahi.

Sekian Cara Supaya Pintar yang dirangkum dari berbagai sumber dan dibubuhi dari pengalaman pribadi. Semoga bisa bermanfaat. Ini-caranya.blogspot.com

0 komentar

Post a Comment