16 Jan 2016

Cara Menghitung Kecepatan Rata-Rata Sebuah Benda

Cara Menghitung Kecepatan Rata-Rata Sebuah Benda – Sebuah benda yang bergerak dapat kita hitung kecepatan rata-ratanya meskipun benda tersebut bergerak kadang dengan kecepatan yang tinggi dan kadang bergerak dengan kecepatan yang rendah, katakanlah misalnya benda tersebut adalah seorang pembalap motor contohnya valentino rossiSarcastic smileyang mengendarai motornya. Untuk menentukan kecepatan rata-ratanya maka sebelumnya simak terlebih dahulu pengertian kecepatan rata-rata di bawah ini:

A.  Kecepatan Rata-Rata Adalah

Kecepatan rata-rata adalah jarak perjalanan rata-rata yang ditempuh setiap satuan waktu. Sebuah mobil yang menumpuh jarak misalnya 100 kilometer pasti pernah berjalan pelan misalnya saat melewati jalan rusak, tikungan, jalan sempit, dan lain lain. Mobil itu juga mungkin sempat berhenti beberapa kali karena menjumpai lampu merah menyala di persimpangan jalan, mengisi bahan bakar, macet, dan lain sebagainya. Kecepatan mobil tersebut pada waktu tertentu disebut kecepatan sesaat yang ditunjukkan oleh panel speedometer di dashboard mobil.

B. Satuan Kecepatan dalam Satuan Internasional (SI)

Satuan kecepatan dalam sistem metrik (sistem internasional, SI) yang paling umum adalah meter/detik (m/detik) dan kilometer/jam (km/jam).

C. Rumus untuk Menentukan Kecepatan Rata-Rata

Untuk menghitung kecepatan rata-rata perjalanan atau pergerakan suatu benda, maka harus diketahui jarak tempuh dan waktu tempuh. Kecepatan rata-rata pergerakan sebuah benda merupakan hasil pembagian besaran jarak dengan besaran waktu tempuh. Rumus menghitung jarak rata-rata berdasarkan jarak tempuh dan waktu tempuh adalah sebagai berikut.

Rumus Kecepatan Rata-Rata

Contoh-Contoh Cara Menghitung Kecepatan Rata-Rata

1. Seorang pelari dapat menempuh jarak 200 meter dalam waktu 25 detik. Berapakah kecepatan rata-rata pelari  tersebut?
Jawab:
Jarak tempuh = 200 m
Waktu tempuh = 25 detik
Kecepatan rata-rata = 200 m/ 25 detik = 8 m/detik.

2. Sebuah mobil berjalan dari kota A ke kota B yang jaraknya 50 km dalam waktu 1 jam. Mobil itu melanjutkan perjalanan ke kota C yang berjarak 90 km dari kota B dalam waktu 2 jam. Dari kota C mobil itu melanjutkan perjalanan ke kota D yang jaraknya 40 km dalam waktu 1 jam.Hitung kecepatan rata-rata mobil tersebut dari kota A ke kota D. (Petunjuk: kecepatan rata-rata = jarak tempuh/waktu tempuh).
Jawab:
Jarak tempuh = 50 + 90 + 40 = 180 km
Waktu tempuh = 1 +  2 + 1 =  4 jam
Kecepatan rata-rata = 180/4 = 45 km/jam.

Mudaha-mudahan apa yang saya tuliskan diatas mengenai Cara Menghitung Kecepatan Rata-Rata Sebuah Benda bisa bermanfaat buaata anda dan bagi para civitas akademik. Terima kasih telah berkunjung

0 komentar

Post a Comment