11 Mar 2014

Cara Mudah agar Menghilangkan Kebiasaan MENUNDA

Cara Mudah agar Menghilangkan Kebiasaan MENUNDA  Tahukah anda bahwa malas adalah salah satu penyebab kita bisa menjadi tidak sukses, dan ini saya rasakan memang menjadi masalah terbesar pada saat saya sedang kuliah, terkadang diwaktu yang sedang senggang saya malas untuk mengerjakan tugas kuliah ataupun tugas-tugas yang berkaitan dengan kegiatan keorganisasian, seingga terkadang saya pun menjadi tidak terorganisisr dan membuat banyak tugas saya menjadi lambat terselesaikan, nah disinilah pentingnya kita memahami yang namanya manajemen waktu.

1. Buatlah List Kegiatan yang akan Anda lakukan

Membuat datar kegiatan tentang apa-apa saja yang akan kita lakukan serta tugas apa yang akan kita kerjakan adalah hal sangat penting. Sama seperti saat kita akan berbelanja kepasar betapa pentingnya daftar belanja yang harus kita siapkan. Anda bisa menginstal aplikasi sticky notes di laptop anda, ataupun anda bisa membuat catatan kecil di kertas untuk kemudian di tempel di tempat-tempat tertentu yang mudah anda lihat. 

Cara Mudah agar Menghilangkan Kebiasaan MENUNDA

2. Atur Pengelolaan Waktu untuk Pekerjaan yang Anda Lakukan

Untuk setiap kegiatan yang telah anda tuliskan di catatan tersebut maka tentu saja anda harus membuat rentang waktu pelaksanaan yang realistis, artinya waktu pengerjaan itu haruslah waktu yang bisa anda selesaikan tepat waktu, jangan terlalu lambat dan terlalu cepat. Dan tentu saja anda harus konsisten terhadap waktu tersebut dan jangan selalu melenceng.

3. Dsiplin dan Teratur

Teratur dan disiplin adalah kuncinya, jadilah orang yang selalu menghargai keteraturan dan daftar kegiatan anda. Jangan sampai anda melanggar ketentuan ang telah anda buat. Berdasarkan pengalaman saya saat kuliah saya ketahui bahwa ketika saya melanggar jadwal belajar yang telah saya tetapkan maka selanjtutnya saya cenderung ingin melanggar ketentuan lainnya. Hal ini sejalan dengan huku Newton yang pertama. Bahwa benda diam diam akan terus diam dan benda bergerak akan terus bergerak.

4. Menghargai dan Memberi Bintang terhadap apa yang telah kita lakukan

Membuat penghargaan atas apa yang telah di lakukan merupakan salah satu kuncinya. BErdasarkan artikel yang pernah saya baca bahwa pada dasarnya manusia itu adalah makhluk yang senang dipuji apalagi ketika telah selesai melakukan suatu pekerjaan dan pekerjaannya itu diberi penghargaan. Setelah anda telah selesai melakukan hal-hal yang telah anda jadwalkan di dalm daftar Anda maka mulailah untuk memberikan penghargaan untuk diri anda sendiri.

menghilangkan kebiasaan menunda

Margie Warrel - penulis Stop Playing Safe, dalam Forbes  mengemukakan 7 strategi yang dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan menunda.

1. Jadwalkan waktu kegiatan Anda dan Tujuan

Tujuan adalah syarat utama dalam sebuah pekerjaan yang harus anda pahami, jangan sampai Anda melakukan kegiatan dengan tanpa tujuan. Waktu yang harus diperhatikan juga adalah bagaimana anda mengatur pengelolaan waktu yang akan anda habiskan untuk kegiatan tersebut.

2.  Menghilangkan kebiasaan Menunda Bagi tujuan Anda ke dalam tujuan-tujuan yang lebih kecil.

Dalam hidup ini tentu saja akan ada saja tujuan-tujuan yang akan dan ingin kita wujudkan, nah dalam pelaksanaannya tujuan kita kita akan bagi ke dalam tujuan-tujuan yang kecil dan tujuan besar. Anda harus mampu membedakan keduanya baik dalam hal apa.

3. Bayangkan Apa yang ingin anda Lakukan

Bayangkan apa yang ingin anda wujudkan. Bayangkan diri Anda setelah pencapaian tersebut, apa yang anda peroleh dan bagaimana perasaan Anda saat itu. Dengan ini maka diri kita kan mulai terbiasa dan semakin giat untuk melakukannya.

4. Ketakutan Anda adalah jalan anda

Takut adalah salah satu emosi yang tentu saja dimiliki oleh setiap orang. Ketahuilah dii anda dan apa yang anda takutkan, saya pernah diberi nasihat bahwa 90% ketakutan kita itu justru tidak akan terjadi. Jadi mulailah untuk mengatasi ketakutan dan berkata dalam diri anda bahwa saya pasti bisa

5. Membangun akuntabilitas.

Kita adalah mahluk sosial. Kita perlu dukungan dan mendukung orang lain. Kita memiliki mitra dalam keluarga, tempat kerja dan kehidupan sosial lainnya. Jangan pernah sungkan untuk terus bersama orang terdekat anda untuk mewujudkan kegiatan anda

6. Hargai apa yang telah anda Capai

Apa yang anda tanam adalah apa yang akan anda makan, jadi hargailah apa yang kini telah anda capai

7. Lakukan semuanya dengan Keberanian

Keberanian dalam melakukan sesuatu adalah salah satu yang harus anda miliki, jangan pernah ragu untuk melakukan semuanya dengan keberanian jika memang anda pikir itu adalah hal yang benar.

menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan

Semoga Cara Mudah agar Menghilangkan Kebiasaan MENUNDA  tersebut bisa membuat anda semakian giat to do something terutama bagi diri saya sendiri, dalam hal memosting tulisan di blog. http://ini-caranya.blogspot.com/

0 komentar

Post a Comment