10 Jul 2014

Cara Cepat Belajar B.Inggris

Cara Cepat Belajar B.Inggris | Bahasa inggris sebagai salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia menuntut kita untuk lebih paham dan menguasainya dengan baik, namun entah kenapa meskipun kita telah belajar bahasa inggris mulai dari SD hingga SMA, tapi kemampuan bahasa inggris kita tidak terlalu meningkat tajam, bahkan masih sulit untuk kita gunakan walau hanya untuk bercakap – cakap dengan teman. Salah satu cara untuk bisa menguasai bahasa inggris adalah dengan ikut kursus bahasa inggris, dengan begitu kita bisa langsung paham bagaimana pengucapan yang benar, namun tentu saja biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Selain cara tersebut berikut cara lain untuk mengiasai bahasa inggris.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

1. Kuatkan Niat

Kuatkan niat anda, bahwa dengan menguasai bahasa inggris kemampuan saya akan bertambah dan memiliki masa depan yang cerah

2. Pelajari bunyi huruf bahasa inggris

Pernahkah anda mendengar yang namanya international phonetic alphabet? di dalamnya mencakup bunyi yang diucapkan untuk setiap huruf alphabet dalam bahasa inggris, maupun bunyi huruf dalam bahasa indonesia. Memahami international phonetic alphabet sangat membantu anda dalam pengucapan kalimat bahasa inggris. Materi ini baru saya dapatkan di perkuliahan oleh dosen saya seorang bule dari luar negeri.

3. Belajar mengucapkan kata dengan baik dan benar

Pengucapan bahasa inggris yang benar adalah kunci jika kita ingin bercakap dengan bule, saya sarankan anda mengucapkan dialeg british style, karena jika american style cenderung agak cepat dan sulit dipahami.

4. Perbanyak vocabulary (kosa kata) anda

Kosa kata yang berlimpah dalam kepala anda dapat membantu anda dalam berbicara bahasa inggris, jadi mulai sekarang buat target untuk diri anda, misalnya anda menargetkan untuk menghafal 20 kosakata dalam sehari.

5. Pahami grammar (tata bahasa inggris)

Jika di bahasa indonesia kita mengenal yang namanya SPOK maka dalam bahasa inggris kita mengenal yang namanya grammar, memperbanyak kosa kata tidaklah cukup untuk mahir berbahasa inggris, anda harus menggunakan tata bahasa yang baik, karena jika tata bahasa anda tidak benar maka kemungkinan besar apa yang anda ucapkan tidak sesuai, dan itu menyulitkan orang yang mendengarnya. Pelajari grammar dengan membeli bukunya, jika masih belum paham coba anda tanyakan dengan orang yang lebih tahu

6. Baca artikel berbahasa inggris

Mulai berlatih membaca artikel yang berbahasa inggris dapat membantu kemampuan anda, misalnya dengan membaca jurnal berbahasa inggris, novel bahasa inggris atau situs berbahasa inggris.

7. Coba nonton film berbahasa inggris tanpa subtitle

Untuk menambah kemampuan anda dengan cara yang menyenangkan anda bisa menonton film-film yang berbahasa inggris tapi jangan unculkan subtitlenya. Cara ini akan melatih anda untuk memahami dengan baik perkataan orang lain. Awalnya memang sulit tapi coba anda biasakan

8. Latihan bercakap bahasa inggris denga teman

Untk menilai sejauh mana kemampuan anda, coba anda ajak teman anda untuk bercakap dalam bahasa inggris, tanyakan apakah dia paham dngan apa yang anda ucapkan

9. Jangan malu berbicara bahasa inggris

Salah seorang guru saya pernah berkata bahwa jangan malu untuk berbicara dalam bahasa inggris karena ini bukan bahsa kita, jadi tidak apa-apa jika salah.

10. Berdoa

Berdolah sebelum melakukan semuanya

Semoga cara – cara yang saya tuliskan diatas dapat membantu anda untuk mengembangkan kemampuan anda dalam berbahasa inggris. Sekian.

0 komentar

Post a Comment