21 Feb 2015

Cara Agar Komputer/Laptop Menjadi Ringan dan Cepat

CaraHow.com Cara Agar Komputer/Laptop Menjadi Ringan dan Cepat – Komputer/laptop/notebook kini menjadi barang yang sangat vital bagi kehidupan kita. Laptop pada umumnya ketika awal pertama kita beli sangat ringan dan cepat terutama ketika membuka program, booting dan sebagainya. Namun seiring berjalannya pemakaian entah kenapa rasanya semua menjadi terasa lambat, oleh karena itu kali ini kami akan memberikan sedikit informasi mengnai cara menjadikan komputer ringan dan cepat.

Cara Agar Komputer/Laptop Menjadi Ringan dan Cepat

a. Rapikan Desktop Anda dan Jangan terlalu Banyak File Shortcut
Layar desktop yang penuh dengan file membuat hal-hal sulit ditemukan dan berantakan. Buatlah folder baru untuk file-file di desktop Anda dan juga folder khusus untuk file-file yang tidak sering di akses.

b. Pindahkan File-File Besar ke Hard Drive Eksternal
Harddisk yang terlalu penuh membuat laptop anda menjadi semakin lambat, terutama ketika mengakses windows explorer. Oleh karena itu sebaiknya pindahkan sebagian file ke dalam harddisk external seperti film, musik dll

c. Bersihkan Multimedia Yang sudah tidak Digunakan
Sudah saatnya menghapus film-film yang sudah ditonton berkali-kali. Sisakan saja beberapa film favorit Anda yang suatu waktu ingin ditonton.

d. Pendukung untuk Browser
Gunakan web browser yang menurut anda cepat dan sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan web browser.

e. Mengatur Disk Anda
Disk fragmentasi adalah salah satu alasan paling umum yang menyebabkan kinerja lambat pada komputer. Pada windows 7 klik tombol start lalu ke All Programs > Accessories > System Tools pada versi windows yang lama.

Pada windows 8, klik Search, masuk ke Defragment, lalu ke Settings > Defragment dan optimalkan drive komputer Anda.

e. Jalankan Scan Virus/ Malware untuk Mengatasi Sampah Virus
Jika Anda pengguna Opera, tambahkan WOT (Web Of Trust) dan ekstensi Ghostery. WOT menggunakan sistem lampu lalu lintas untuk menilai kepercayaan dari situs web yang Anda kunjungi, dan Ghostery mendeteksi pelacakan dan web bugs.

f. Bersihkan File Sementara
Hapuslah file yang sudah tidak perlu lagi. Anda juga dapat menghapus semua file-file sementara di browser. Jika menggunakan Opera, cukup pilih delete private data (pilihan kedua dibawah “tools”).

Dan dia akan menunjukan apa yang harus dilakukan selanjutnya, termasuk cookies, browsing history atau keseluruhan cache. Pertimbangkan untuk menyimpan tab dan password Anda agar browsing bisa dilakukan dengan cepat.

Cara Mempercepat Komputer Ilustrasi Komputer

g. Bersihkan Fisik Komputer Terutama dari Debu Yang Menempel
Gunakan pembersih yang tepat agar tampak seperti baru lagi. Jika Anda memiliki komputer lebih dari beberapa bulan, ini saatnya untuk membersihkan bagian dalam mesinnya.

Bukalah dan bersihkan debu di bagian interior menggunakan kaleng kompres udara dengan hati-hati, terutama pada bagian fan dan heat sink atas prosesor. Ingatlah untuk tidak menyentuh bagian interior

Semoga tips cara mempercepat komputer ini bisa membantu anda

0 komentar

Post a Comment